SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : VI (Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
5.1 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas | Contoh: Kaset/CD: Listen and repeat. Siswa: (mengulang apa yang didengar) Kaset/CD: Listen and follow the direction. Siswa: (mengikuti petunjuk arah sebuah peta jalan) | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | · Tes lisan · Unjuk kerja | · Mengulang secara lisan · Responding | Listen and repeat. Kaset/CD: (memberikan ungkapan yang siswa harus ulang) Listen and follow the direction. Kaset/CD: (memberikan informasi tentang arah yang harus diikuti siswa) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
5.2 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima dalam berbagai permainan | Contoh: Kaset/CD: Listen and write. Siswa: (menulis) | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | Siswa menulis berdasarkan informasi yang didengar dari kaset/CD | Merespon dengan menulis apa yang didengar dari kaset/CD | Unjuk kerja | Responding | Listen to the cassettes and write. Kaset/CD): (memberikan informasi yang harus siswa tulis) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks · Script percakap-an |
5.3 Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar | Contoh: Kaset/CD: Rearrange the pictures according to the story that you hear. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | Siswa mendengarkan kaset/CD untuk mengurutkan gambar-gambar yang acak | Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar | Unjuk kerja | Responding | Listen to the cassettes and rearrange the pictures below. Kaset/CD: (memberikan informasi agar siswa dapat mengurutkan gmbar) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks · Script percakap-an |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : VI (Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk | Contoh: A: How does John go to school? B: He goes to school by bicycle | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Memberi contoh melakukan sesuatu § Memberi aba-aba § Memberi petunjuk | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakap-an · Buku teks · Alat peraga |
6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang | Contoh: A: Can you tell me where west is? B: Sure. That’s west. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Meminta bantuan § Memberi bantuan § Meminta barang § Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan keraguan, menanyakan, dan meminta kejelasan | Contoh: A: How can I get to the post office? B: Can you tell me where the post office is? C: How much is it? D: Shall I get you something? | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Mengungkapkan perasaan § Merespon ungkapan § Mengungkapkan keraguan § Menanyakan § Meminta kejelasan | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Would you please .... dan May I .... | Contoh: A: May I help you? B: I need spinach. A: Would you please tell me where the post office is? B: Go north and turn left. You won’t miss it. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: § Would you please... § May I ... | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Mengetahui, Kepala SD …………………… (_________________________) NIP/NIK: ......................................... | | ………………,……………………… Guru Bahasa Inggris (_________________________) NIP/NIK: ......................................... |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : VI (Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
7.1 Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima | Ucapan dan intonasi teks yang dipelajari | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi § Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru § Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model § Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | § Melafalkan kalimat dengan baik dan benar § Membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar § Membaca nyaring dengan baik dan benar | Tes unjuk kerja | Uji petik membaca nyaring | Read the dialogues aloud. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
7.2 Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik | Teks deskriptif bergambar sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana § Tanya jawab yang terkait dengan materi | Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks deskriptif bergambar sangat sederhana | Read the text and answer the questions. | 2 x 35 menit | Buku teks |
7.3 Memahami teks naratif bergambar sangat sederhana | Teks naratif bergambar sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Mengidentifikasi teks naratif bergambar sangat sederhana § Tanya jawab yang terkait dengan materi | Mengidentifikasi teks naratif bergambar sangat sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks naratif bergambar sangat sederhana | Read the text and answer the questions. | 2 x 35 menit | Buku teks |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : VI(Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
8.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima dalam konteks sekitar peserta didik | Teks fungsional pendek sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana | Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana | Tes tulis | Menulis teks fungsional pendek | Complete the dialogues based on the pictures. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
8.2 Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima | Kartu ucapan sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | Menulis kartu ucapan sangat sederhana | Menulis kartu ucapan sangat sederhana | Tes tulis | Menulis kartu ucapan sangat sederhana | Write a greeting card to your friend. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Mengetahui, Kepala SD …………………… (_________________________) NIP/NIK: ......................................... | | ………………,……………………… Guru Bahasa Inggris (_________________________) NIP/NIK: ......................................... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar