Sabtu, 15 Oktober 2011

SILABUS PEMBELAJARAN KELAS VI SEMESTER II


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : VI (Enam)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Mendengarkan
5. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas


Contoh:

Kaset/CD: Listen and repeat.

Siswa: (mengulang apa yang didengar)

Kaset/CD: Listen and follow the direction.

Siswa: (mengikuti petunjuk arah sebuah peta jalan)




o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan


Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima











Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima













·     Tes lisan








·     Unjuk kerja


·     Mengulang secara lisan







·     Responding

Listen and repeat. Kaset/CD: (memberikan ungkapan yang siswa harus ulang)


Listen and follow the direction.
Kaset/CD: (memberikan informasi tentang arah yang harus diikuti siswa)


2 x 35 menit






· Rekaman kaset/CD
· Buku teks









5.2 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima dalam berbagai permainan



Contoh:

Kaset/CD: Listen and write.

Siswa: (menulis)



o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan


Siswa menulis berdasarkan informasi yang didengar dari kaset/CD



Merespon dengan menulis apa yang didengar dari kaset/CD


Unjuk kerja






Responding







Listen to the cassettes and write.
 Kaset/CD): (memberikan informasi yang harus siswa tulis)


2 x 35 menit





·   Rekaman kaset/CD
·    Buku teks
·   Script percakap-an


5.3 Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar





Contoh:

Kaset/CD: Rearrange the pictures according to the story that you hear. 



o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan


Siswa mendengarkan kaset/CD untuk mengurutkan gambar-gambar yang acak






Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar






Unjuk kerja








Responding










Listen to the cassettes and rearrange the pictures below.

Kaset/CD: (memberikan informasi agar siswa dapat mengurutkan gmbar)

2 x 35 menit






·   Rekaman kaset/CD
·    Buku teks
·   Script percakap-an





SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : VI (Enam)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk

Contoh:

A: How does John go to school?
B: He goes to school by bicycle







o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Memberi contoh melakukan sesuatu
§ Memberi aba-aba
§ Memberi petunjuk


Tes lisan








Pertanyaan










Answer the questions orally!





4 x 35 menit

·     Script percakap-an
·     Buku teks
·     Alat peraga

6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang


Contoh:

A: Can you tell me where west is?                                                                                                                                                                                                     
B: Sure. That’s west.







o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Meminta bantuan
§ Memberi bantuan
§ Meminta barang
§ Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan keraguan, menanyakan, dan meminta kejelasan

Contoh:

A: How can I get to the post office?

B: Can you tell me where the post office is?

C: How much is it?

D: Shall I get you something?




o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Mengungkapkan perasaan
§ Merespon ungkapan
§ Mengungkapkan keraguan
§ Menanyakan
§ Meminta kejelasan


Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Would you please .... dan May I ....


Contoh:

A: May I help you?
B: I need spinach.

A: Would you please tell me where the post office is?
B: Go north and turn left. You won’t miss it.




o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
§ Would you please...
§ May I ...




Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga








Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : VI (Enam)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Membaca
7. Memahami teks fungsional pendek  dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1     Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima





Ucapan dan intonasi teks yang dipelajari










o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan

§ Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
§ Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
§ Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
§ Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
§ Melafalkan  kalimat dengan baik dan benar
§ Membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
§ Membaca nyaring dengan baik dan benar


Tes unjuk kerja










Uji petik membaca nyaring








Read the dialogues aloud.







2 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga













7.2     Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik


Teks deskriptif bergambar sangat sederhana


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan


§ Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana
§ Tanya jawab yang terkait dengan materi


Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks deskriptif bergambar sangat sederhana

Read the text and answer the questions.

2 x 35 menit




Buku teks



7.3     Memahami teks naratif bergambar sangat sederhana


Teks naratif bergambar sangat sederhana

o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan


§ Mengidentifikasi teks naratif bergambar sangat sederhana
§ Tanya jawab yang terkait dengan materi


Mengidentifikasi teks naratif bergambar sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks naratif bergambar sangat sederhana

Read the text and answer the questions.

2 x 35 menit



Buku teks



SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : VI(Enam)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Menulis
8. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1     Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima dalam konteks sekitar peserta didik


Teks fungsional pendek sangat sederhana



o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan


Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana




Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana



Tes tulis






Menulis teks fungsional pendek


Complete the dialogues based on the pictures.



4 x 35 menit






·   Buku teks
·   Alat peraga





8.2     Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima


Kartu ucapan sangat sederhana


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan


Menulis kartu ucapan sangat sederhana



Menulis kartu ucapan sangat sederhana 



Tes tulis




Menulis kartu ucapan sangat sederhana 



Write a greeting card to your friend.



4 x 35 menit




·   Buku teks
·   Alat peraga



Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar