SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : VI (Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas | Contoh: Kaset/CD: Listen and and circle the correct answer. Siswa: (melingkari jawaban yang benar berdasarkan apa yang didengar) | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Unjuk kerja | Responding | Listen and circle the correct answer. Kaset/CD: (informasi tentang nama-nama sayuran yang harus siswa lingkari) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan | Contoh: Kaset/CD: Listen and fill in the crossword. Siswa: (mengisi crossword berdasarkan informasi yang didengar) | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterim | Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Unjuk kerja | Responding | Listen and fill in the crossword. Kaset/CD: (informasi tentang buah-buahan dan siswa menebak buah apa yang dimaksud) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
1.3 Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar | Contoh: Kaset/CD: Listen and circle. Siswa: (melingkari nama-nama minuman yang disebutkan dalam cerita yang didengar) | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | Siswa mendengarkan kaset/CD untuk melingkari nama-nama minuman | Memahami cerita lisan dengan bantuan gambar | Unjuk kerja | Responding | Listen and circle. Kaset/CD: (melingkari nama-nama minuman yang disebutkan dalam cerita yang didengar) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Mengetahui, Kepala SD …………………… (_________________________) NIP/NIK: ......................................... | | ………………,……………………… Guru Bahasa Inggris (_________________________) NIP/NIK: ......................................... |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : VI (Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk | Contoh: A: What can we do on the beach? B: We can play with the sand and pebbles. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Memberi contoh melakukan sesuatu § Memberi aba-aba § Memberi petunjuk | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakap-an · Buku teks · Alat peraga |
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang | Contoh: A: What do you need? B: I need potatoes. A: What do you like to drink for breakfast? B: A glass of orange juice. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Meminta bantuan § Memberi bantuan § Meminta barang § Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengingatkan, menyatakan suka/tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar, memberi pendapat, dan mengusulkan | Contoh: A: I like collecting stamps. B: How many apples do you have? C: I have three apples. D: What do you think about my new dress? E: It’s nice. It suits you. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Mengingatkan § Menyatakan suka/tidak suka § Menanyakan jumlah § Menanyakan jumlah § Menanyakan keadaan § Memberi komentar § Memberi pendapat § Mengusulkan | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Would you please .... dan May I .... | Contoh: A: May I help you? B: I need spinach. A: Would you please tell me where the post office is? B: Go north and turn left. You won’t miss it. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: § Would you please... § May I ... | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : VI (Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
3.1. Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima | Ucapan, tekanan, dan intonasi teks yang dipelajari | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi § Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru § Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model § Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | § Melafalkan kalimat dengan baik dan benar § Membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar § Membaca nyaring dengan baik dan benar | § Tes unjuk kerja § Observasi | § Uji petik membaca nyaring § Lembar observasi | Read the sentences aloud. Read the monologues loudly and carefully. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
3.2. Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik | Teks deskriptif bergambar sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | § Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana § Tanya jawab yang terkait dengan materi | Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks deskriptif bergambar sangat sederhana | Read the text and answer the questions. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Mengetahui, Kepala SD …………………… (_________________________) NIP/NIK: ......................................... | | ………………,……………………… Guru Bahasa Inggris (_________________________) NIP/NIK: ......................................... |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : VI(Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
4.1. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima | Teks fungsional pendek sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana | Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana | Tes tulis | Menulis teks fungsional pendek | Complete the dialogues based on the pictures. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
4.2. Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima | Kartu ucapan sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | Menulis kartu ucapan sangat sederhana | Menulis kartu ucapan sangat sederhana | Tes tulis | Menulis kartu ucapan sangat sederhana | Write a greeting card to your friend. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Mengetahui, Kepala SD …………………… (_________________________) NIP/NIK: ......................................... | | ………………,……………………… Guru Bahasa Inggris (_________________________) NIP/NIK: ......................................... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar