Sabtu, 15 Oktober 2011

SILABUS PEMBELAJARAN KELAS IV SEMESTER I


SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : IV (Empat)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                : Mendengarkan
1.        Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Merespon dengan   melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas


Contoh:
Kaset/CD: Listen and complete the dialogues.

Siswa: (melengkapi dialog)

Kaset/CD: Listen and colour the pictures.

Siswa: (mewarnai gambar)

Kaset/CD: Listen, complete and act out.

Siswa: (melengkapi dan memperagakan dialog)


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
§ Siswa mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD.
§ Siswa melengkapi dan memperagakan dialog.


§ Merespon dengan melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
§ Merespon dengan mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
§ Merespon dengan melengkapi dan memperaga- kan dialog

·   Tes  tulis





·   Tes tulis









·   Unjuk kerja


·   Melengkapi dialog






·   Mewarnai gambar








·   Responding

Listen and complete the dialogues.

A: Good _______.
B: _________
__________.
Listen and colour the pictures.

(terdapat gambar yang harus diwarnai siswa)

Listen, complete and act out the dialogues.

2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar/
benda terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks
·   Script percakapan



Kompetensi
Dasar
Materi pokok/ Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas






Contoh:

Guru: Listen and repeat the dialogues.

Siswa: (mengulang dialog)

Guru: Listen and repeat the alphabets.

Siswa: (mengulang alfabet)



o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
§ Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD


§ Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§ Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar

Unjuk kerja













Responding












Listen to the dialogues and repeat.
(rekaman kaset/CD): How are you today?
Siswa: (mengulang)


2 x 35 menit


·   Rekaman kaset/CD
·    Buku teks
·   Script percakap-an


 


Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

SILABUS PEMBELAJARAN

 


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : IV (Empat)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                : Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba

Contoh:

A: What is your name?
B: My name is Tina.

A: Good morning, Anti.
B: Good morning, Anto.

A: Good bye, Joni.
B: Bye. See you tomorrow.

A: Spell the words.
B: (mengeja kata)

o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Mengenalkan diri
§ Memberi salam/sapaan
§ Memberi salam perpisahan
§ Memberi aba-aba


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance




·   Bermain peran

·   Answer the questions orally!

·   Act out the dialogue in front of the class!

·   Perform a role play with your friend about asking and giving personal information!


4 x 35 menit

·     Script percakap-an
·     Buku teks
·     Alat peraga



Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang


Contoh:

A: Can I help you?                                                                                                                                                                                                     
B: Yes, I want cabbage, please.


(Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42)





o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Meminta bantuan
§ Meminta barang
§ Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: berterima kasih, meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan mengajak


Contoh:

A: How are you today?
B: I’m  fine, thank you.

A: I’m sorry.
B: It’s ok.

                                




o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Berterima kasih
§ Meminta maaf
§ Memberi maaf
§ Melarang
§ Memuji
§ Mengajak

Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me


Contoh:

A: How are you?
B: I’m fine, thank you.

A: I’m sorry.
B: It’s ok.

A: Can you spell your name, please?
B: Sure. It’s A-N-A.

A: Excuse me, may I park my bicycle here?
B: No, you have to park your bicycle at the backyard.


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata



Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
§ Thank you
§ Sorry
§ Please
§ Excuse me


Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : IV (Empat)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                : Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1.   Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana







Pronunciation alfabet, kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari











o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
§  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
§ Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
§ Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

§ Melafalkan alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
§ Membaca alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
§ Membaca nyaring dengan baik dan benar




§ Tes unjuk kerja


§ Observasi













§ Uji petik membaca nyaring

§ Lembar observasi










Read the alphabets aloud.

Read all the sentences loudly and carefully.



2 x 35 menit









·   Buku teks
·   Alat peraga














3.2.   Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana


·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Pesan tertulis sangat sederhana


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan tertulis
§ Tanya jawab yang terkait dengan materi

§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks

Complete the blanks next to the pictures according to the text.

2 x 35 menit






Buku teks




Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : IV (Empat)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi                : Menulis
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1.   Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana 


Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana



o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana





Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar





Tes tulis








Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar






Fill in the blanks with the correct expressions.



4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga






4.2.   Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis

Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana

o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca
o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan

Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana



Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar



Tes tulis







·    Menulis pesan tertulis

·    Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar

·    Write a message to your friend telling about yourself.

·    Rearrange the words into good sentences.

4 x 35 menit







·   Buku teks
·   Alat peraga








 

Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar