RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi dan Gemar membaca.
Metode Pembelajaran : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
F Pada halaman tersebut, terdapat jam-jam yang harus dipilih sesuai dengan waktu yang tepat.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta mendengarkan kaset/CD dan memilih gambar jam yang tepat sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD.
F Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
F Jawaban tidak hanya harus benar, tetapi siswa juga harus dapat menulis dengan ejaan yang benar.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Rasa ingin tahu o Mandiri o Kreatif o Kerja keras. o Disiplin o Demokratis. o Tanggung-jawab o Menghargai Prestasi. o Gemar membaca | Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Unjuk kerja | Responding | Listen and circle the correct time. Kaset/CD: It’s half past three. Siswa: (melingkari gambar jam 3.30) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
2. Siswa dapat mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
3. Siswa dapat merespon apa yang didengar dari kaset/CD secara lisan
Karakter siswa yang diharapkan : Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi dan Gemar membaca.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
3. Siswa bersama-sama merespon apa yang didengar dari kaset/CD secara lisan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan nama-nama hari, guru bertanya pada siswa bagaimana cara menyebutkan nama-nama hari dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar instruksi guru atau instruksi dari kaset/CD dan merespon dengan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang secara kelompok/individu.
F Siswa merespon apa yang didengar dari kaset/CD secara lisan
F Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk siswa secara acak untuk merespon instruksi yang didengar dari kaset/CD secara verbal.
F Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
- Script percakapan
Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Rasa ingin tahu o Mandiri o Kreatif o Kerja keras. o Disiplin o Demokratis. o Tanggung-jawab o Menghargai Prestasi. o Gemar membaca | § Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang § Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar § Merespon apa yang diengar dari kaset/CD secara lisan | · Unjuk kerja · Tes lisan | · Responding · Merespon dengan menjawab secara lisan | Listen to the dialogues and repeat. (rekaman kaset/CD): How many months are there in a week? Siswa: (mengulang) Listen and answer orally. (rekaman kaset/CD): Tomorrow is Wednesday. What day was it yesterday? Siswa: Monday (menjawab secara lisan) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi contoh melakukan sesuatu
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi aba-aba
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi petunjuk
Karakter siswa yang diharapkan : Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi dan Gemar membaca.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik tentang menyebutkan waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi contoh melakukan sesuatu
F Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi aba-aba
F Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi petunjuk
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
F Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa..
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Rasa ingin tahu o Mandiri o Kreatif o Kerja keras. o Disiplin o Demokratis. o Tanggung-jawab o Menghargai Prestasi. o Gemar membaca | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Memberi contoh melakukan sesuatu § Memberi aba-aba § Memberi petunjuk | · Tes lisan · Unjuk kerja | · Pertanyaan · Performance | Answer the questions orally! What time is it? What is the time? Act out the dialogues in front of the class! A: Touch your leg. B: Point to your ears. |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta bantuan
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta barang
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi barang
Karakter siswa yang diharapkan : Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi dan Gemar membaca.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik tentang waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta bantuan
F Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta barang
F Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi barang
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
F Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Rasa ingin tahu o Mandiri o Kreatif o Kerja keras. o Disiplin o Demokratis. o Tanggung-jawab o Menghargai Prestasi. o Gemar membaca | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Meminta bantuan § Memberi bantuan § Meminta barang § Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally. (siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru mengenai materi yang sudah dipelajari) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5 | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijn, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat bercakap-cakap untuk mengenalkan diri
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk mengajak
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk meminta ijin
4. Siswa dapat bercakap-cakap untuk memberi ijin
5. Siswa dapat bercakap-cakap untuk menyetujui
6. Siswa dapat bercakap-cakap untuk tidak menyetujui
7. Siswa dapat bercakap-cakap untuk melarang
Karakter siswa yang diharapkan : Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi dan Gemar membaca.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijn, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
F Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Rasa ingin tahu o Mandiri o Kreatif o Kerja keras. o Disiplin o Demokratis. o Tanggung-jawab o Menghargai Prestasi. o Gemar membaca | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Mengenalkan diri § Mengajak § Meminta ijin § Memberi ijin § Menyetujui § Tidak menyetujui § Melarang | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! (siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind… dan Shall we…
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat mengucapkan ungkapan Do you mind... dengan santun
2. Siswa dapat mengucapkan ungkapan Shall we.... dengan santun
Karakter siswa yang diharapkan : Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi dan Gemar membaca.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Siswa meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
3. Siswa dan guru membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
4. Siswa melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
5. Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik tentang waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind… dan Shall we…
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru memberikan contoh dialog-dialog yang berkaitan dengan materi.
F Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan teman-temannya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun berkelompok).
F Selama siswa berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa (kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi dialog.
F Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
2. Script percakapan yang terdapat dalam buku teks dan buku guru
3. Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Rasa ingin tahu o Mandiri o Kreatif o Kerja keras. o Disiplin o Demokratis. o Tanggung-jawab o Menghargai Prestasi. o Gemar membaca | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: § Do you mind... § Shall we ... | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! (siswa secara berpasangan atau berkelompok mempraktikkan dialog-dialog yang sudah dipelajari) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5 | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 3. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
2. Siswa dapat membaca kata, frasa, dan kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
3. Siswa dapat membaca nyaring dengan baik dan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi dan Gemar membaca.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
2. Siswa mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan kosakata yang telah dipelajari yang berkaitan dengan topik bacaan.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membaca teks secara lantang dengan pengucapan dan intonasi yang sesuai sementara siswa mendengar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya dan kali ini meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan yang guru contohkan.
F Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan membetulkan apabila terdapat siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca).
F Guru meminta siswa mengeja namanya masing-masing.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk siswa secara acak dan meminta siswa menyebutkan waktu dan bagian tubuh dalam bahasa Inggris.
F Guru meminta siswa untuk berlatih menyebutkan waktu dan bagian tubuh dalam bahasa Inggris sebagai latihan tambahan di rumah.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat peraga
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar § Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar § Membaca nyaring dengan baik dan benar | § Tes unjuk kerja § Observasi | § Uji petik membaca nyaring § Lembar observasi | Read the time aloud. It is a quarter past four. It is half past six. It is five to ten. Read all parts of the body loudly and carefully. Ears Mouth Neck etc. |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 3. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 3.2 Memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana
3. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar sangat sederhana
Karakter siswa yang diharapkan : Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi dan Gemar membaca.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
2. Siswa mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan tertulis
3. Siswa mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks deskriptif bergambar sangat sederhana
4. Siswa melakukan tanya jawab dengan guru mengenai bacaan yang sedang dibahas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bacaan. Sebagai contoh: guru bertanya apakah siswa memiliki jadwal kegiatan sehari-hari ketika akan membahas bacaan mengenai anak yang menceritakan jadwal kegiatannya sehari-hari.
· Guru mengajak siswa mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan topik bacaan.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari tiga siswa dalam setiap kelompoknya.
F Siswa membaca teks secara individual.
F Setelah selesai membaca, guru meminta siswa bersama-sama dengan teman satu kelompoknya melengkapi informasi berdasarkan teks.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memeriksa hasil pekerjaan kelompok siswa dan membahasnya secara bersama-sama.
F Guru mengaitkan apa yang dibaca siswa dengan kehidupan nyata siswa, misalnya: guru meminta siswa menceritakan jadwal kegiatan mereka di depan kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Rasa ingin tahu o Mandiri o Kreatif o Kerja keras. o Disiplin o Demokratis. o Tanggung-jawab o Menghargai Prestasi. o Gemar membaca | § Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana § Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana § Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks | Read the text and fill in the timetable according to the text. (teks pada halaman 27, buku Let’s Make Friends with English kelas 5 dapat dijadikan contoh) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 4. Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima kasih
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat mengeja kalimat bahasa Inggris dengan ejaan yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi dan Gemar membaca.
Metode Pembelajaran : Siswa mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru bertanya pada siswa mengenai hal yang berkaitan dengan topik bahasan. Sebagai contoh: guru bertanya ujaran-ujaran yang siswa tahu ketika menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
· Guru mengajak siswa mengingat kembali ujaran-ujaran yang berkaitan dengan topik bahasan.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima kasih
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru meminta siswa mengerjakan latihan menyusun ulang kata-kata yang acak menjadi kalimat yang baik.
F Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
F Pada saat siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah setiap siswa sudah menulis kalimat dengan benar.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
F Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta siswa menulis ujaran-ujaran yang berkaitan dengan topik bahasan berdasarkan apa yang guru ucapkan di papan tulis.
F Guru mengingatkan siswa kembali mengenai kalimat yang benar yang berkaitan dengan ujaran yang dipelajari siswa.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Rasa ingin tahu o Mandiri o Kreatif o Kerja keras. o Disiplin o Demokratis. o Tanggung-jawab o Menghargai Prestasi. o Gemar membaca | Mengeja kalimat bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Tes tulis | Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar | Rearrange the words into good sentences. (latihan pada halaman 11, buku Let’s Make Friends with English dapat dijadikan contoh) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 4. Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 4.2 Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan undangan
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi dan Gemar membaca.
Metode Pembelajaran : Siswa menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
· Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik family, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan keluaraga mereka dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan undangan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru meminta siswa mengerjakan latihan menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris.
F Siswa dapat melakukan kegiatan ini secara individual atau berpasangan.
F Pada saat melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan melihat apakah siswa sudah menulis dengan benar.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas hasil pekerjaan siswa bersama-sama.
F Sebagai latihan tambahan, guru dapat memanggil siswa secara acak dan meminta mereka untuk menceritakan tentang keluaraga mereka di depan kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Buku-buku lain yang relevan
- Alat peraga yang berkaitan dengan materi ajar
Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Rasa ingin tahu o Mandiri o Kreatif o Kerja keras. o Disiplin o Demokratis. o Tanggung-jawab o Menghargai Prestasi. o Gemar membaca | Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar | Tes tulis | Menulis kalimat sangat sederhana | Write your own family. (siswa menulis kalimat-kalimat sederhana tentang keluarga mereka) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar