Sabtu, 15 Oktober 2011

PROGRAM TAHUNAN KELAS IV SEMESTER II


PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris.
Satuan Pendidikan :
Tahun Pelajaran     : 2009 / 2010
Kelas                        : IV

Smt
No
Standar Kopetensi/Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
Keterangan
2
5








6




















7









8
Mendengarkan
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
5.1  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
5.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal

Berbicara
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
6.1  Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima
6.2  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
6.3  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang
6.4  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan  meminta kejelasan
6.5  Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me

Membaca
Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana  dalam konteks kelas
7.1  Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
7.2  Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana

Menulis
Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
4.1          Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
4.2          Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara  tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertulis

Ulangan harian






      
J U M L A H


           

Mengetahui
Kepala SD / MI



( ................................. )

.............................., ...............
Guru Mapel Bahasa Inggris.



( ................................. )

Catatan
Prota  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Jumlah alokasi waktu  pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  Matematika  yang ada di suatu Sekolah Dasar  yaitu jumlah pekan efektif  satu tahun x alokasi waktu Matematika  di struktur kurikulum SD/MI  (minimal 5 jam).  Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu  efektif   semester 1 yang ada di SD/MI  17  dan semester 2 juga 17. Jam efektif matematika satu semester  sejumlah 17x5 = 85 jam.  Berarti satu tahun sekolah memiliki 170 jam efektif untuk mapel matematika. Alokasi waktu sejumlah 85 jam  per semester tersebut diatur untuk pembelajaran  semua KD yang  ada  pada satu semester dan untuk ulangan harian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar