SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : IV (Empat)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
5.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan | Contoh: Guru: Open the window. Siswa: (membuka jendela) Guru: Pick a book. Siswa: (memilih sebuah buku) | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Siswa bersama-sama merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima § Masing-masing siswa merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima | Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima | Tes lisan | Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima | Listen and do the instructions. Guru: Get to the front of the class. Murid: (maju ke depan kelas) | 2 x 35 menit | · Gambar- gambar terkait · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal | Contoh: Guru: A cupboard. Siswa: (mengulang kata “cupboard”) Guru: A duster. Siswa: (mengulang kata “duster”) | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | Siswa merespon instruksi sangat sederhana secara verbal | Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal | Unjuk kerja | Responding | Listen to the instructions and repeat. Guru: An eraser. Murid: (mengulang) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Mengetahui, Kepala SD …………………… (_________________________) NIP/NIK: ......................................... | | ………………,……………………… Guru Bahasa Inggris (_________________________) NIP/NIK: ......................................... |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : IV (Empat)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima | Contoh: A: May I talk aloud here? B: No, you may not. A: How many classrooms are there in the school? B: There are six classrooms. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana | Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana | Unjuk kerja | Performance | Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation. Guru: How many classrooms are there in the school? Siswa: (mengulang) | 2 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba | Contoh: A: Switch off the light. B: Turn the volume up. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Memberi contoh melakukan sesuatu § Memberi aba-aba | · Unjuk kerja | · Performance | · Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang | Contoh: A: Can I help you? B: Yes, I want cabbage, please. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Meminta bantuan § Meminta barang § Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan meminta kejelasan | Contoh: A: May I go to the restroom ma’am? B: Of course. A: May I open the window? B: Sure. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Meminta ijin § Memberi ijin § Menyetujui § Tidak menyetujui § Menyangkal § Meminta kejelasan | · Tes lisan · Unjuk kerja | · Pertanyaan · Performance | · Answer the questions orally! · Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks · Alat peraga |
6.5 Mengungk-apkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me | Contoh: A: How are you? B: I’m fine, thank you. A: I’m sorry. B: It’s ok. A: Can you spell your name, please? B: Sure. It’s A-N-A. A: Excuse me, may I park my bicycle here? B: No, you have to park your bicycle at the backyard. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: § Thank you § Sorry § Please § Excuse me | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : IV (Empat)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana | Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation § Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru § Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model § Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | § Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan benar § Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar § Membaca nyaring dengan baik dan benar | § Tes unjuk kerja § Observasi | § Uji petik membaca nyaring § Lembar observasi | Read the work places aloud. Read all the expressions loudly and carefully. | 2 x 35 menit | Buku teks |
7.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana | Kalimat-kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana § Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam dialog § Tanya jawab yang terkait dengan materi | § Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana § Mengidentifikasi berbagai informasi dalam dialog | Tes unjuk kerja | Tes membaca kalimat-kalimat dan dialog secara mandiri dan berpasangan | Read the dialogues by yourselves first and then practise with your friends. | 2 x 35 menit | Buku teks |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : IV (Empat)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana | Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana | Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Tes tulis | Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Fill in the blanks with the correct expression. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertullis | Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana | Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar | Tes tulis | · Menulis tulisan bahasa Inggris sangat sederhana · Menulis pesan tertulis berupa perintah | · Write the answers for each picture. · Write five expressios according to the picture board. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Mengetahui, Kepala SD …………………… (_________________________) NIP/NIK: ......................................... | | ………………,……………………… Guru Bahasa Inggris (_________________________) NIP/NIK: ......................................... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar