Sabtu, 15 Oktober 2011

SILABUS PEMBELAJARAN KELAS IV SEMESTER II


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : IV (Empat)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.1 Merespon dengan  melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan


Contoh:

Guru: Open the window.

Siswa: (membuka jendela)

Guru: Pick a book.

Siswa: (memilih sebuah buku)

o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca
o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan

§ Siswa bersama-sama merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima
§ Masing-masing siswa merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima

Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima


Tes  lisan

Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima

Listen and do the instructions. Guru: Get to the front of the class.
Murid: (maju ke depan kelas)

2 x 35 menit

·   Gambar-
gambar terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks

5.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
Contoh:

Guru: A cupboard.

Siswa: (mengulang kata “cupboard”)

Guru: A duster.

Siswa: (mengulang kata “duster”)
o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca
o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan

Siswa merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
Unjuk kerja
Responding
Listen to the instructions and repeat.
Guru: An eraser.
Murid: (mengulang)
2 x 35 menit
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks






Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : IV (Empat)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima


Contoh:

A: May I talk aloud here?
B: No, you may not.

A: How many classrooms are there in the school?
B: There are six classrooms.



o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana


Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana 


Unjuk kerja


Performance


Repeat the expressions with the correct pronunciation and intonation.
Guru:
How many classrooms are there in the school?
Siswa: (mengulang)

2 x 35 menit

·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga








6.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba 

Contoh:

A: Switch off the light.

B: Turn the volume up.



o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Memberi contoh melakukan sesuatu
§ Memberi aba-aba


·   Unjuk kerja

·   Performance

·   Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit


·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga


6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang

Contoh:

A: Can I help you?                                                                                                                                                                                                     
B: Yes, I want cabbage, please.







o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Meminta bantuan
§ Meminta barang
§ Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan meminta kejelasan

Contoh:

A: May I go to the restroom ma’am?
 B: Of course.

A: May I open the window?
B: Sure.



o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Meminta ijin
§ Memberi ijin
§ Menyetujui
§ Tidak menyetujui
§ Menyangkal
§ Meminta kejelasan


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance

·    Answer the questions orally!

·   Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit


·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga


6.5 Mengungk-apkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me

Contoh:

A: How are you?
B: I’m fine, thank you.

A: I’m sorry.
B: It’s ok.

A: Can you spell your name, please?
B: Sure. It’s A-N-A.

A: Excuse me, may I park my bicycle here?
B: No, you have to park your bicycle at the backyard.


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
§ Thank you
§ Sorry
§ Please
§ Excuse me


Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga
SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : IV (Empat)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana


Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari



o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
§ Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
§ Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
§ Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

§ Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan benar
§ Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
§ Membaca nyaring dengan baik dan benar


§ Tes unjuk kerja


§ Observasi


§ Uji petik membaca nyaring

§ Lembar observasi



Read the work places aloud.

Read all the expressions loudly and carefully.


2 x 35 menit


Buku teks


7.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana

Kalimat-kalimat  dan pesan tertulis sangat sederhana


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam dialog
§ Tanya jawab yang terkait dengan materi


§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat  sangat sederhana
§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam dialog


Tes unjuk kerja

Tes membaca kalimat-kalimat dan dialog secara mandiri dan berpasangan


Read the dialogues by yourselves first and then practise with your friends. 


2 x 35 menit

Buku teks



SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : IV (Empat)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana 


Ujaran bahasa Inggris sangat sederhana



o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana





Mengeja ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar





Tes tulis








Menulis ujaran bahasa Inggris dengan ejaan yang benar






Fill in the blanks with the correct expression.



4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga







8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertullis



Tulisan bahasa Inggris sangat sederhana


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana




Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar




Tes tulis








·    Menulis tulisan bahasa Inggris sangat sederhana

·    Menulis pesan tertulis berupa perintah



·    Write the answers for each picture.


·    Write five expressios according to the picture board.


4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga









Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar