SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : V (Lima)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
5.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah | Contoh: Kaset/CD: Listen and describe. Siswa: (menulis deskripsi orang yang didengar) Kaset/CD: Listen and complete. Siswa: (melengkapi sebuah family tree) | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Unjuk kerja | Responding | Listen and describe. Kaset/CD: (memberikan deskripsi beberapa orang) Siswa: (menulis deskripsi orang yang didengar) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal | Contoh: Kaset/CD: Listen and repeat the dialogues. Siswa: (mengulang dialog) | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD § Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD | § Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang § Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar | Unjuk kerja | Responding | Listen to the dialogues and repeat. (rekaman kaset/CD): How many brothers and sisters do you have? Siswa: (mengulang) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks · Script percakap-an |
Mengetahui, Kepala SD …………………… (_________________________) NIP/NIK: ......................................... | | ………………,……………………… Guru Bahasa Inggris (_________________________) NIP/NIK: ......................................... |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : V (Lima)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk | Contoh: A: You can park here. B: Don’t smokde here. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Memberi contoh melakukan sesuatu § Memberi aba-aba § Memberi petunjuk | · Unjuk kerja | · Performance | · Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakap-an · Buku teks · Alat peraga |
6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang | Contoh: A: Can I help you? B: Yes, I want cabbage, please. (Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42) | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Meminta bantuan § Memberi bantuan § Meminta barang § Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi informasi, memberi pendapat, dan meminta kejelasan | Contoh: A: Can we park here? B: Sure. A: Excuse me, Sir. Where can I park my bicycle? B: Over there. A: Thank you. A: What does Sasya look like? B: She is tall and pretty. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: § Memberi informasi § Memberi pendapat § Meminta kejelasan | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind... dan Shall we... | Contoh: A: Do you mind giving me some food? B: Sure. A: We cannot enter this door. Shall we find another one? B: Ok. | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Tanya jawab yang berkaitan dengan materi § Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan § Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi § Latihan percakapan dalam bentuk dialog § Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: § Do you mind... § Shall we ... | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Mengetahui, Kepala SD …………………… (_________________________) NIP/NIK: ......................................... | | ………………,……………………… Guru Bahasa Inggris (_________________________) NIP/NIK: ......................................... |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : V (Lima)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, kalimat sangat sederhana, dan teks sangat sederhana | Ucapan, tekanan, dan intonasi kata, frasa, kalimat, dan teks yang dipelajari | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi § Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru § Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model § Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | § Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar § Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar § Membaca nyaring dengan baik dan benar | § Tes unjuk kerja § Observasi | § Uji petik membaca nyaring § Lembar observasi | Read the expressions aloud. Read the text loudly and carefully. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
7.2 Memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks dekriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima | · Kalimat-kalimat sangat sederhana · Pesan tertulis sangat sederhana · Teks deskriptif bergambar sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko · Keorisinilan · Berorientasi ke masa depan | § Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana § Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan tertulis sangat sederhana § Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana § Tanya jawab yang terkait dengan materi | § Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana § Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana § Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks | Read the text and put the words in the box into the correct group according to the text. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Mengetahui, Kepala SD …………………… (_________________________) NIP/NIK: ......................................... | | ………………,……………………… Guru Bahasa Inggris (_________________________) NIP/NIK: ......................................... |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : _______________________
Kelas : V (Lima)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengeja dan menyalin kalimat sederhana dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | KewirauSahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
8.1 Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima | Kalimat bahasa Inggris sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | Mengeja kalimat bahasa Inggris sangat sederhana | Mengeja kalimat bahasa Inggris dengan ejaan yang benar | Tes tulis | Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar | Rearrange the words into good sentences. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
8.2 Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan ucapan simpati | Kalimat bahasa Inggris sangat sederhana | o Rasa ingin tahu, o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras o Disiplin, o Demokratis o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi o Gemar membaca | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Berani mengambil resiko o Keorisinilan o Berorientasi ke masa depan | Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana | Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar | Tes tulis | Menulis kalimat sangat sederhana | Write the correct expressions. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Mengetahui, Kepala SD …………………… (_________________________) NIP/NIK: ......................................... | | ………………,……………………… Guru Bahasa Inggris (_________________________) NIP/NIK: ......................................... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar