Sabtu, 15 Oktober 2011

SILABUS PEMBELAJARAN KELAS V SEMESTER II


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : V (Lima)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah 


Contoh:

Kaset/CD: Listen and describe.

Siswa: (menulis deskripsi orang yang didengar)

Kaset/CD: Listen and complete.

Siswa: (melengkapi sebuah family tree)


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima


Unjuk kerja














Responding
















Listen and describe. Kaset/CD: (memberikan deskripsi beberapa orang)
Siswa: (menulis deskripsi orang yang didengar)



2 x 35 menit


·  Rekaman kaset/CD
· Buku teks

5.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal






Contoh:

Kaset/CD: Listen and repeat the dialogues.

Siswa: (mengulang dialog)


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
§ Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD



§ Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§ Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar


Unjuk kerja



Responding


Listen to the dialogues and repeat.
(rekaman kaset/CD): How many brothers and sisters do you have?
Siswa: (mengulang)



2 x 35 menit


·   Rekaman kaset/CD
·    Buku teks
·   Script percakap-an










Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : V (Lima)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk

Contoh:

A: You can park here.

B: Don’t smokde here.









o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Memberi contoh melakukan sesuatu
§ Memberi aba-aba
§ Memberi petunjuk


·   Unjuk kerja





·   Performance






·   Act out the dialogues in front of the class!




4 x 35 menit

·     Script percakap-an
·     Buku teks
·     Alat peraga

6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang


Contoh:

A: Can I help you?                                                                                                                                                                                                     
B: Yes, I want cabbage, please.


(Lihat BUKU KLS 3 HLM. 42)





o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Meminta bantuan
§ Memberi bantuan
§ Meminta barang
§ Memberi barang

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi informasi, memberi pendapat, dan meminta kejelasan


Contoh:

A: Can we park here?
B: Sure.

A: Excuse me, Sir.
   Where can I park   my bicycle?    
B: Over there.
A: Thank you.

A: What does Sasya look  like?
B: She is tall and pretty.                           


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Memberi informasi
§ Memberi pendapat
§ Meminta kejelasan

Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind... dan Shall we...


Contoh:

A: Do you mind giving me some food?
B: Sure.

A: We cannot enter this door. Shall we find another one?
B:  Ok.





o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: 
§ Do you mind...
§ Shall we ...




Tes lisan

Performance

Act out the dialogues in front of the class!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga



Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : V (Lima)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1     Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, kalimat sangat sederhana, dan teks sangat sederhana




Ucapan, tekanan, dan intonasi kata, frasa, kalimat, dan teks yang dipelajari










o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan

§ Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi
§ Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
§ Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
§ Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar


§ Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
§ Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar
§ Membaca nyaring dengan baik dan benar

§ Tes unjuk kerja



§ Observasi






§ Uji petik membaca nyaring


§ Lembar observasi


Read the expressions aloud.


Read the text loudly and carefully.



2 x 35 menit







·   Buku teks
·   Alat peraga







7.2     Memahami kalimat, pesan tertulis, dan teks dekriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima


·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Pesan tertulis sangat sederhana
·   Teks deskriptif bergambar sangat sederhana


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam pesan tertulis sangat sederhana
§ Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana
§ Tanya jawab yang terkait dengan materi


§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam pesan tertulis sangat sederhana
§ Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana dalam teks

Read the text and put the words in the box into the correct group according to the text.

2 x 35 menit











Buku teks




Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : V (Lima)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 2 (Dua)
Standar Kompetensi                : Menulis
8. Mengeja dan menyalin kalimat sederhana dalam konteks sekolah

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1     Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima


Kalimat bahasa Inggris sangat sederhana



o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan


Mengeja kalimat bahasa Inggris sangat sederhana




Mengeja kalimat bahasa Inggris dengan ejaan yang benar



Tes tulis






Menyusun kata-kata bahasa Inggris menjadi kalimat yang benar


Rearrange the words into good sentences. 



4 x 35 menit






·   Buku teks
·   Alat peraga





8.2     Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan ucapan simpati


Kalimat bahasa Inggris sangat sederhana


o  Rasa ingin tahu,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca

o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
o  Keorisinilan
o  Berorientasi ke masa depan

Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana




Menyalin dan menulis kalimat bahasa Inggris sangat sederhana dengan benar




Tes tulis








Menulis kalimat sangat sederhana






Write the correct expressions.




4 x 35 menit








·   Buku teks
·   Alat peraga









Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar